13 ANJAL DAN GEPENG TERJARING, SEMUANYA DARI LUAR KALTIM

16 June 2016, 00:57:53

 13 ANJAL DAN GEPENG TERJARING, SEMUANYA DARI LUAR KALTIM

Kabid Ketentraman dan Ketertiban Umum Satpol PP Kota Samarinda, Umar menerangkan, penanganan anjal dan gepeng ini dilakukan bertahap. Menurut Umar, koordinator anjal dan gepeng tetap menjadi buruan utama.

Sambil menunggu kucuran dana, mereka yang ditangkap nantinya akan di disidang tipiring. “Para anjal dan gepeng yang kita tangkap ini bukan warga Samarinda, melainkan dari Makassar dan Sinjai serta dari beberapa daerah lainnya di Sulawesi Selatan. Kita kenakan tindak pidana ringan (Tipiring). Ada yang tertangkap kini tertangkap lagi. Namun karena belum ada tipiring mau tidak mau kami hanya pembinaan," kata Umar.

Target utama, kata Umar, tetap koordinator anjal dan gepeng. Setelah tertangkap nanti, para koordinator itu akan dipublikasikan untuk memberikan berefek jera. “Karena mereka telah mempekerjakan, mengeksploitasi dan mempekerjakan anak di bawah umur,” sebut Umar.

“Kami berikan pembinaan. Hari ini (kemarin) kami lepaskan lagi. Tapi ketika mereka beraktivitas kembali, maka pembinaan yang kami berikan akan kami tambah, agar ada efek jera. Yang tertangkap lagi kami minta ngepel dan bersih-bersih kantor Satpol PP dan ditambah pembinaan lainnya,” sambung Umar.

Iqbal, salah seorang dari anjal yang tertangkap mengaku dari Makassar. Dia datang ke Samarinda, hanya untuk mengamen. Dia mengaku bekerja tidak ada yang mengkoordinatori untuk datang ke Samarinda.

“Saya dari Makassar. Datang ke Samarinda saya mengamen. Tidak ada yang mengkoordinir saya. Saya tinggal sekitaran Samarinda Seberang, Kampung Baqa. Datang ke Samarinda baru tiga bulan yang lalu. Awalnya diajak teman ke Samarinda. Saya tidak bisa pulang karena tidak ada uang," terang Iqbal.

Sumber: Samarinda Pos